SEKALI MERDEKA TERUS MERDEKA ~ Di Buang Sayang

Catatan, Perjalanan, Pendapat, Pikiran, Manusia

Rabu, 23 Agustus 2017

SEKALI MERDEKA TERUS MERDEKA

Agustus 23, 2017 Posted by Unknown No comments

Merdeka bukan hanya sebuah identitas.
Merdeka bukan hanya kata benda yang statis
Merdeka bukan hanya memproklamisikan.




Sekali merdeka, terus merdeka. Merdeka adalah sebuah proses. Merdeka bukan hanya kata benda namun juga kata kerja. 17 Agustus 1945 merupakan hari dimana Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Perlu diketahui bahwa jauh sebelum itu Indonesia berjuang melawan para penjajah.

Itu adalah sebuah awal dan modal agar bangsa Indonesia dapat mandiri dan bisa mengurusi rumah tangga nya sendiri. Ibarat rumah itu adalah sebuah tanah tempat berdirinya bangunan. setiap hari penghuni rumah bertambah, maka segala papan, sandang dan pangan perlu dipenuhi agar si penghuni rumah minimal bisa hidup.

Semerdekadekanya merdeka adalah ketika setiap manusia menjadi manusia yang sesungguhnya. Tidak usah berpikir dulu saya seorang pejabat, saya seorang intektual atau saya seorang rakyat cukup dengan saya adalah manusia. Identitas adalah nomer kesekian dari kemanusian. ketika menolong orang yang kecelakaan kita tidak mungkin bertanya lebih dulu apa identitasnya, anda pejabat? Agamanya apa? Islam NU, islam Muhamadiyah?

Saya rasa hukum tidak akan terlalu diperlukan bahwa manusia nya bermoral. Orang mencuri akan dihukum sekian tahun penjara, sedangkan hukum tidak tau, kenapa orang tersebut mencuri. Bisa saja keluarganya sudah WAtiga hari tidak makan.

Kita hari ini berusaha menjadi manusia yang tidak bisa dipercaya, sehingga sulit mempercayai orang lain. Tidak ada teman yang abadi, tidak ada musuh yang sejati, yang ada hanya kesejatian dan keabadian kepentingan. Ayo lah kawan, manusia bukan alat tapi tujuan, berhenti memandang bahwa manusia adalah sebagai sebuah alat! Para bos menjadikan manusia sebagai alat untuk menjadikan keuntungannya meningkat. Para politisi menjadikan manusia sebagai alat agar dapat duduk di kursi emas. Para manusia menjadikan manusia lainnya sebagai alat untuk pemerlancar kepentingannya.

Terlepas dari apapun prinsip, apapun golongan, apapun pekerjaan selama berasas kan kebaikan dan kemermanfaatan maka perjuangkan. Simpan saja kebenaran jauh di dalam akal dan hatimu.

Merdeka.

Apa yang kurang dari Indonesia? Alam subur. Manusia berlimpah.
Ada pepaatah menyebutkan bahwa “harta tidak akan habis selama 7 generasi”, hari ini Indonesia sudah masuk ke generasi ke delapan. Sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia sangatlah berlimpah ruah. Namun hal itu jangan dijadikan kita berpangku tangan karena “toh indonesia masih kaya”.


Syahrir mengingatkan bahwa, “Kemerdekaan nasional adalah bukan tujuan akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya”. Namun bung karno mewanti – wanti bahwa, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.
kemudian syahrir mengigatkan lagi bahwa, “Hidup yang tak diperjuangkan tak akan dimenangkan”. Dan kali ini tan angkat bicara, wahai pemuda, “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh pemuda”.

Semoga kita selalu berusaha untuk memerdekakan kemerdekaan dengan semerdekamerdekanya.



Bandung, 17 Agustus 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Tidak untuk Iklan dan Promosi. Komentar saja sesukamu ...